Penyebab Susah Tidur Atau Insomnia Yang Sangat Mengganggu

Sudah tau kah anda apa penyebab susah tidur atau insomnia itu…? Pada artikel ini saya akan coba bagi kepada anda mengenai penyebab susah tidur ini, namun sebelumnya kita harus tau dulu apa itu penyakit insomnia atau susah tidur ini. Penyakit insomnia adalah, yang dalam bahasa latin berarrti tidak tidur, insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur atau tetap tidur. Insomnia juga di gunakan untuk menggambarkan kondisi bangun tidak merasa segar atau di kembalikan. Insomnia mengacu pada ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah tidur anda sebagai kebutuhan individu untuk membangunkan perasaan beristirahat.

penyebab insomnia
penyebab insomnia

Setres juga di sebut sebagai utama mengapa orang sulit tidur, tetapi sebenarnya ada hal-hal yang tampaknya sepele yang bisa membuat kita terjaga hingga larut malam dan sulit memejamkan mata.

PENYEBAB SUSAH TIDUR / INSOMNIA

Di Bawah Ini Beberapa Penyebab Susah Tidur

Tidur telat di akhir pekan

Akhir pekan sering kita manfaatkan untuk balas dendam dengan bangun siang atau tidur terlalu malem. Jika kebiasaan tersebut dapat mengacukan ritme biologi sehingga menyebabbkan tubuh seperti melampui zona waktu.

Bulan Purnama

Siklus bulan ternyata ikut berpengaruh pada pola tidur, dalam sebuah penelitian berskala kecil. Para penelitian menemukan saat bulan purnama seseorang tidur lebih sebentar dan kurang nyenyak di banding biasanya.

Suhu terlalu dingin atau panas

Suhu ruangan yang terlalu dingin atau pun terlalu panas tentu membuat kita sulit tidur. Usakan untuk udara segar agar tidur kita lebih nyenyak.

Terlalu tenang

Memang tak mungkin kita tidur dalam suasana bising, tetapi ruangan yang terlalu tenang dapat membuat suara sekecil apapun akan mengganggu di saat kita tidur lelap.

Takut gelap

Walau anda tak mau mengakuinya, tetapi sebenarnya cukup banyak orang yang takut gelap. Orang yang sering mengalami susah tidur merasakan lebih cemas dan terganggu suara-suara dari lingkungan ketika lampu kamar di matikan. Hal tersebut karena tak terjadi pada mereka yang pola tidurnya bagus.

Makan daging saat makan malam

Buka Cuma kafein yang bisa membuat mata sulit terpejam, mengonsumsi makanan berlemak, pedas dan juga berprotein tinggi ternyata bisa menghadapi datangnya kantuk di mlam hari. Makanan sumber protein akan membuat tubuh mengeluarkan energy lebih besar untuk mencernanya.

Terlalu lelah

Ada perbedaan besar antara kelelahan dan mengantuk. Dalam kondisi lelah, tubuh sebenarnya masih dalamkewaspadaan yang tinggi, Baik itu setres fisik atau mental. Karena itulah terlalu cepat naik ke tempat tidur buka ide yang baik. Lebih baik tenangkan diri dulu dengan kegiatan yang membuat rileks.

Pilih Warna yang Tepat

Gejala sulit tidur cara mengatasinya bisa di lakukan dengan mengganti warna dekorasi kamr dengan warna yang tepat. Menurut sejumlah ahli, warna memengaruhi psikologi orang. Dan jika seseorang berada di dalam ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, hal iniakakn memengaruhi pola tidur seseorang. Jika bingung memilih warna, hasil riset menyebutkan bahwa warna biru atau hijau muda bisa memberikan efek rekalasi, tenang, menyenangkan, damai, dan penuh harapan. Warna kalem seperti krem, merah muda, bisa juga menenangkan saat menjelang tidur.

Kasur tak Sesuai

Bisa jadi kesulitan tidur karena masalah kasur, mungkin tak di sadari bahwa gangguan itu terjadi setelah membeli kasur baru. Karena itu saat membeli kasur mesti di rasakan kira-kira keempukanya cocok atau tidak. Orang yang bobot tubuhnya berat tentu memerlukan kasur yang lebih tebal.

Kurangi Cahaya

Gunakan cahaya redup agar tidur bisa nyenyak, bahkan jika di perlukan matikan lampunya agar kamar jadi gelap. Karena itu blokir semua sumber cahaya. Pastikan bahwa kita memiliki gorden atau trai pada jendela karenba bisa saja siraman cahaya lampu kendaraan jika kebetulan osisi kamar menghadap jalan, atau cahaya bulan bisa membangunkan kita.

Pindahkan Jam

Ini mungkin hal spele, karena kita merasa harus selalu tepat waktu, kita sampai memasang jam dinding di dalam kamar kita. Namun dengan ukuran yang besar, keberadaan jam itu bisa mengganggu tidur. Misalnya, karena jam terbuat dari bahan yang berkilau bisa saja cahaya pantulan yang menimpa jam itu mengarah ke kita sehingga mengganggu tidur.

Alat elektronik

Begitu sibuknya sampai kita menjadikan kamar tidur sekaligus tempat kerja. Komputer di pasang juga di dalam kamar. Begitu pun dengan televisi. Mungkin kedua alat elektronik ini telah mengganggu tidur kita. Karena itu jika hendak tidur matikan alat elektronik terlebioh dahulu.

Berantakan

Atur tempat belajar dan lemari sehingga tidak ada tumpukan pakaian dan tumpukan buku tergeletak di sekitar kamar. Pindahkan proyek yang belum selesai keluar dari kamar tidur yang membuat kita setres saat bersiap-siap untuk tidur. Jika kamar yang rapi akan menyebabkan pkiran berantakkan, gangguan pikiran berkurang, dan memudahkan relaksasi.

Kesegaran Udara

Udara yang bersih di dalam kamar memudahkan kita untuk bisa cepat tidur. Karena itu buka jendela secara berkala untuk mengganti udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar. Kalau memungkinkan gunakan alat pembersih udara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s